Resep Pisang Molen Imut


Pisang molen begitulah sebutannya. Hampir disetiap sudut-sudut kota pasti ada saja penjual makanan khususnya gorengan yang menjajakan kue pisang berbalut tepung yang imut bentuknya ini. Rasanya empuk krispi dan manisnya pisang membuat perpaduan yang sempurna antara rasa bentuk dan keunikannya. Memang kalau dilihat bentuk kue ini mirip sekali dengan mesin molen ya gan. Bulat panjang dan nggemesin. Eits tapi jangan ngeres dunk pikirannya. Yang bulat panjang itu kue molen, bukan yang itu. He..he.. Pasti agan penasarankan bagaimana sejarah pisang molen ini. Mau tahu ? 
Sejarah pisang molen dahulunya adalah murni dari kreatifitas tangan-tangan orang Indonesia lho. Bangganya jadi orang indonesia. Tapi nggak bangga kalau melihat banyak korupsi, narkoba dan kejahatan lainnya. Eh kok malah nyam kemana-mana sih pembahasannya, maaf ya gan, maklum miris soalnya dengan keadaan bangsa kita. Kembali ke laptop !!! 
Pisang molen memang sangat digemari oleh semua kalangan, oleh karenanya kue ini masuk dalam kategori kue tradisional yang melegenda. Wuih serem ya gan. Udah jangan terlalu dipikirkan. Pokoknya initi dari melegenda itu, semua kalangan masyarakat pada umumnya tahu dan pernah mencoba menikmati kue pisang molen ini. 
Alangkah senangnya jika kita bisa berkresasi sendiri dengan kue pisang molen ini ya gan. Selain menambah pengetahuan tentang masak-memasak kue, juga bisa dijadikan bisnis yang menguntungkan. Hmm jangan salah lho gan, teman saya yang hanya berjualan gorengan setiap harinya, sekarang sudah sukses berkat kerja keras dan ketekunannya. Salah satu yang menjadi andalan gorengannya ya kue pisang molen ini. Karena pembuatannya sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya maupun waktu. Penasarankan ? Harus penasaran dunk, saya aja yang menulis sendiri resep ini penasaran . He..he.. Sudahlah yuk cekidot, kita lihat proses pembuatannya !

Bahan :
  • Pisang tanduk/pisang raja 7 buah
  • Tepung terigu 350 gr 
  • Vanili 1/2 sdt
  • 50 gr gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 75 ml air
  • 125 gr margarine
  • Minyak goreng secukupnya
Cara pembuatan :
  1. Campurkan dalam satu wadah vanili, garam , tepung terigu dan gula pasir. Aduk sampai merata.
  2. Masukkan margarine, aduk kembali hingga adonan menggumpal.
  3. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk.
  4. Giling adonan dengan menggunakan alat penggiling, atau dengan botol juga bisa. Giling hingga adonan setebal 3 ml.
  5. Potong adonan yang telah digiling berbentuk memanjang. Lebarnya +/- 7 cm panjangnya menyesuaikan pisang. Usahakan pisang utuh dipotong menjadi dua bagian. Atau sesuai selera anda, karena ukuran pisang akan mempengarui ukuran adonan pembalutnya.
  6. Balut pisang dengan adonan tadi, dengan cara melingkar seperti mesin molen.
  7. Goreng kedalam minyak yang telah dipanaskan dengan api sedang hingga pisang molen berubah warna kecoklatan.
  8. Angkat kemudian tiriskan.
  9. Pisang molen imut nan lezat siap disajikan.
Tips : Anda dapat mengkreasikan isian pisang dengan menambahkan cokelat, keju atau selai sesuka anda untuk menambah rasa molen yang lebih sempurna.


SELAMAT MENCOBA !!!

Comments