Resep Kue Carabikang

Kue carabikang merupakan kue basah yang sudah terkenal di seluruh daerah bahkan sampai ke plosok-plosok pedesaan. Kue ini memang unik bentuknya. Selain rasanya juga enak, kue ini juga masuk dalam golongan kue yang melegenda. Sebenarnya kue ini justru berasal dari kreatifitas para peracik kue daerah, yakni kue tradisional. Namun seiring bertambahnya jaman , kue ini berubah bentuk menjadi sajian yang istimewa dengan berbagai paduan rasa yang komplit dan lebih menggoda untuk dinikmati.
Dahulu kala kue ini sering dihidangkan sebagai makanan pembuka bagi para raja di plosok jawa. Namun karena kelezatan dan kemudahannya dalam meracik kue carabikang ini, sampai saat ini pun masih sangat diminati semua kalangan. Kue ini hampir sama cara pembuatannya dengan kue serabi, akan tetapi ada sedikit perbadaan pada bahan-bahannya.
Daripada penasaran, yuk mari kita intip cara pembuatannya.

Bahan :
125 gr tepung terigu
500 gr tepung beras
500 gr gula pasir
2 sdt tepung kanji
3 butir telur ayam kocok lepas
1 liter santan kelapa
2 lembar daun pandan
Vanili bubuk secukupnya
Garam secukupnya
Pasta pandan dan cokelat serta pewarna makanan (bebas mau warna apa aja)


Cara pembuatannya :
  1. Campurkan santan, daun pandan dan garam, kemudian rebus hingga mendidih. Aduk terus jangan sampai adonan menjadi pecah. Angkat tiriskan. Pisahkan 2 sdm adonan untuk dijadikan polesan.
  2. Masukkan tepung kanji, gula pasir dan vanili kemudian aduk hingga merata.
  3. Kemudian masukkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk, buat adonan dengan cara diuleni agar tidak berserat nantinya.
  4. Masukkan telur yang telah di kocok, setelah itu ambil adonan sebanyak 3 sdm masing-masing campurkan tiap adonan dengan pasta cokelat, pandan dan pewarna makanan.
  5. Panaskan cetakan khusus carabikang, kemudian tuangkan adonan setengah cetakan, diamkan sebentar kemudian beri adonan yang telah tercarmur dengan pasta tadi sedikit diatasnya.
  6. Panggang dengan api sedang sampai adonan matang.
  7. Angkat dengan cara dicukil, kemudian tiriskan.
  8. Olesi bagian bawah kue dengan santan kusus olesan yang telah dibuat sebelumnya.
  9. Kue carabikang hangat siap dihidangkan. 
Tips :
Untuk pewarna makanan anda bisa memodifikasi sesuai selera anda. Anda juga dapat menambahkan irisan buah pada adonan seperti nangka, durian atau stroberi untuk mendapatkan cita rasa dengan kreatifitas anda sendiri. Sehingga kue tradisional ini akan terlihat lebih menarik dan terkesan modern.

SELAMAT MENCOBA !!!

Comments