Resep Membuat Kue Bawang

Halo para pembaca, bagaimana kabarnya anda sekalian ? Tentu baik bukan ? Semoga selalu dalam lindungan Tuhan ya guys. Baiklah, dalam artikel kali ini saya akan memberikan sedikit resep tentang bagaimana cara membuat kue bawang. Pasti tahu kan kue bawang itu seperti apa ? Itu loh, kue yang bentuknya seperti kentang goreng KFC. Memang kue ini familiarnya pas lebaran ya guys. Hampir semua orang mengenali kue ini. Rasanya gurih dan nikmat. Kue ini termasuk dalam golongan kue kering. 

Kue kering memang sangat populer di hari lebaran. Karena selain mudah dan praktis kue ini memang sangat sederhana cara pembuatannya. Murah dan meriah. Biasanya kue ini disajikan bersama dengan teh manis panas sehingga rasanya semakin yummy. Daripada penasaran bagaimana cara pembuatanya, yuk kita intip proses pembuatannya !

Bahan :
250 gr tepung terigu protein sedang
50 gr tepung tapioka
2 butir telur
75 ml santai kental
50 gr tepung

Bumbu :
4 siung bawang putih
1 sdm garam
2 butir bawang merah
2 sdm daun seledri dicincang halus

Cara pembuatan :
1. Tumbuk semua bahan bumbu hingga halus.
2. Campurkan tepung terigu, tepung tapioka, bumbu halus, telur dan santan. Uleni adonan tersebut hingga merata.
3. Masukkan seledri yang telh dicincang halus, kemudian aduk kembali.
4. Ambil sebagian adonan kemudian giling menggunakan alat penggiling hingga tebalnya kurang lebih 3 mm,
5. Letakkan adonan yang telah digiling tadi di atas talenan kemudian iris-iris dengan pisau membentuk seperti batang korek api , kemudian taburi dengan tepung supaya tidak lengket antara satu sama yang lain.
6. Panaskan minyak di wajan, goreng adonan hingga berwarna kecoklatan, angkat kemudian tiriskan.
7. Masukkan ke dalam toples kedap udara.

Biasanya kue ini jika disimpan dalam toples kedap udara, akan bisa bertahan hingga beberapa bulan. Tetapi akan lebih baik jika kurang dari 1 bulan, kue ini dinikmati supaya gurih dan lezatnya tidak berkurang.

SELAMAT MENCOBA !!!

Comments