Resep Kue Dadar Gulung 101% Mudah dan Lezat

 Selamat malam pembaca sekalian. Bagaimanakah kabar anda ? Semoga kita semua selalu dalam lindungan Yang Maha Kuasa. Amiin.. Pada kesempatan kali ini penulis akan berbagi resep kue basah khas negara Indonesia yakni Resep Kue Dadar Gulung. Namun resep di sini lain dari yang lain, soalnya resep ini sangatlah sederhana dan mudah untuk di laksanakan bahkan bagi anda yang masih awan sekalipun dalam memasak kue. Tentu akan sangat senang jika kita bisa membuat kreasi kue dengan tangan kita sendiri bukan ? Apalagi kita tahu bahwa di era modern ini banyak sekali para pedagang nakal yang suka menggunakan bahan baku yang sudah tidak layak pakai untuk membuat kue dan jajanan lainnya. Tentu ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan konsumen, apalagi bagi yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak kecil yang suka jajanan di luar. Sebagai orang tua tentu kita akan sangat kawatir dengan keadaan ini. Oleh karena itu penulis di sini ingin memebagikan resep ini supaya para pembaca bisa membuat jajanan tersendiri untuk keluarga tercinta. Tentu anda akan sangat memperhatikan kwalitas bahan yang digunakan, karena menyangkut kesehatan keluarga. Selain menjadi lebih higenis , bagi anda yang perempuan,tentu akan semakin disayang oleh suami, dan yang suami lebih disayang istri. Bahagianya ya.
Baca juga Cara Membuat Kue Blakforest Ulang Tahun

Well, kembali ke topik, kue dadar gulung masuk dalam kategori kue tradisional Indonesia. Karena keberadaan kue ini sudah dari jaman dahulu kala. Tepatnya pada jaman prasejarah nenek moyang kita. Berkat kreatifitas mereka, terciptalah kue dadar gulung yang sederhana namun lezat.
Untuk resepnya sendiri kue ini tidak terlalu memakan banyak waktu, karena selain sederhana kue ini juga membutuhkan bahan baku yang murah serta mudah untuk mendapatkannya.
Kue ini memang familiar sekali, karena banyak sekali peminat kue ini , sehingga banyak para peracik kue berlomba-lomba membuat kreasi yang unik dan menarik dalam memodifikasi jajanan tradisional ini. Umumnya kue dadar gulung berwarna hijau, namun untuk menarik perhatian para konsumen, mereka banyak yang memodifikasi warna,bentuk bahkan rasa dari kue ini. Wow, fantastis sekali ya pembaca. Dari pada penasaran, yuk kita intip cara pembuatannya !

Bahan isian :
  • 200 gr kelapa yang berumur 1/2 tua, parut kasar
  • 100 gr gula merah, sisir halus
  • 30 gr gula pasir
  • 50 ml air putih
  • 1/4 sdt garam halus
Bahan kulit :
  • 225 gr tepung terigu 
  • 30 gr tepung tapioka
  • 250 ml santan kelapa (dari 1/2 kelapa)
  • 3 butir telur ayam kocok lepas
  • 75 ml air daun suji
  • 1/2 sdt garam halus
Cara pembuatan :
  1. Resep yang pertama adalah kita membuat bahan isian dadar gulung. Ambil kelapa yang telah diparut, kemudian campur dengan garam halus. Masak dengan api sedang, masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk, kemudian masukkan gula merah sisir dan gula pasir, masak hingga matang, yakni manisnya gula telah menyatu dengan parutan kelapa.
  2. Resep kedua adalah kita membuat kulit dadar gulung. Siapkan wadah, masukkan telur yang telah dikocok lepas, masukkan tepung terigu, sambil diaduk, kemudian tepung tapioka, santan, air daun suji dan garam, aduk hingga merata. Panaskan teflon anti lengket, kemudian tuangkan adonan ratakan setebal 2 mm, masak hingga matang, angkat. Ulangi hingga semua adonan habis. 
  3. Resep ketiga adalah membuat dadar gulung, bentangkan bahan kulit tadi, kemudian isikan beberapa sendok bahan isian di tengahnya, ingat jangan terlalu banyak ya ! Kemudian gulung, latakkan di piring saji. Dadar gulung lezat sudah siap untuk disajikan bersama teh manis hangat. 
Tips : Untuk warna , anda boleh mengganti air daun suji dengan air yang dicampuri pewarna makanan.
 Baca juga Aneka Resep Kue Kering Lebaran

SELAMAT MENCOBA !!!

Comments