57 Resep Kue Apem Rumahan Yang Mudah




Hallo apa kabar agan ? Semoga selalu dalam lindungan Tuhan. Aminn.. Kali ini penulis akan berbagi resep unik lagi, yakni resep kue apem gula jawa/merah yang mudah dan pastinya lezat. Anda tentu pernah mendengar kue apem kan ? Bagi anda yang berasal dari daerah Jawa Tengah tentu tidak asing dengan kue apem. Karena kue ini memang berasal dari daerah Jateng. Pada jaman dahulu kala, kue ini sering dijadikan sebagai santapan sajian para tamu undangan pernikahan adat jawa, namun seiring bertambahnya jaman. Kue ini bukan hanya disajikan saat momen-momen penting pernikahan saja. Akan tetapi setiap hajatan besar seperti hajatan keagamaan juga, kue apem kerap meramaikan meja-meja prasmanan sebagai makanan pembuka. Memang kue ini cukup mudah dalam pembuatannya , sehingga kue ini kerap digunakan sebagai makanan yang merakyat, atau makanan segala umur. Baca juga 1OO Resep Kue Basah Lainnya

Rasanya yang khas, dengan rasa manis gula jawa dan lembutnya kue apem ini membuat ketagihan setiap penikmat kuliner tradisional ini. Resep yang akan kita bahas ini merupakan resep turun temurun yang mudah dan praktis. Sebagai orang Indonesia yang cinta akan kulinernya yang melegenda, tentu akan sangat bermanfaat jika mempelajari sekaligus mencoba resep kue yang satu ini. Mari kita intip pembuatannya !

Bahan :
  • Tepung beras 150 gr
  • 100 gr tepung terigu (protein sedang)
  • 150 gr gula jawa
  • 175 ml air kelapa
  • 1 lembar daun pandan
  • 1/2 sdt ragi instan
  • 1/2 butir kelapa (ambil santannya 180 ml)
  • 1/2 sdt garam
  • Bumbu spekuk 1 sdt
  • 1 sdt baking powder
Bahan taburan :
  1. Kelapa parut 100 gram
  2. 1/2 sdt garam halus
  3. 1 lembar daun pandan
Cara pembuatannya :
  1. Rebuslah gula jawa, daun pandan dengan air kelapa. Aduk hingga matang, kemudian angkat.
  2. Tuangkan air gula jawa yang masih hangat sedikit demi sedikit ke dalam tepung beras sambil diuleni. Kemudian tiriskan,diamkan hingga adonan dingin.
  3. Setelah dingin, masukkan tepung terigu, ragi, garam, bumbu spekuk dan santan kedalam adonan. Aduk dengan menggunakan mixer kecepatan sedang selama 15 menit. Kemudian diamkan adonan selama 30 menit.
  4. Tambahkan baking powder, kemudian aduk kembali hingga merata.
  5. Tuangkan ke dalam loyang khusus, kemudian kukus hingga matang. 
  6. Angkat dinginkan dengan cara diangin-anginkan.
  7. Potong-potong kemudian gulirkan di bahan taburan.
  8. Sajikan bersama teh hangat.
Tips :
Untuk gula jawa/merah anda bisa menmabahkan/mengurangi sesuai selera anda. Anda juga bisa memodifikasi warna dengan cara memberi pewarna khusus makanan pada adonan. Semoga bermanfaat. Baca juga Resep Kue Cup Cake Paling Mudah

SELAMAT MENCOBA !!!

Comments